Rabu, 28 Desember 2016

Sistem Digestiva




A.    Sistem pencernaan
          Sistem pencernaan berfungsi untuk memindahkan nutrisi, air, garam-garam mineral yang berasal dari zat makanan ke dalam lingkungan tubuh manusia untuk didistribusikan ke sel-sel melalui sistem sirkulasi.saluran pencernaan terdiri atas :

a)      Mulut
            Mulut merupakan jalanmasuk menuju sistem pencernaan dan berisi organ aksesori yang berfungsi dalam proses awal pencernaan.aksesoris yang terdapat di dalam mulut adalah gigi dan lidah.
b)      Faring
            Faring merupakan organ yang menghubungkan rongga mulut dengan kerongkongan (esophagus). Makanan melewati epiglotis lateral melalui ressus priformis masuk ke esophagus tanpa membahayakan jalan udara. Gerakan menelan mencegah masuknya makanan ke jalan udara, pada waktu yang sama jalan udara ditutup sementara. Permulaan menelan,otot mulut dan lidah berkontraksi secara bersama-sama.
c)Esophagus
Merupakan saluran yang menghubungka tekak dengan lambung. Makanan atau bolus berjalan dalam esophagus karena gerakan peristaltic, yang berlangsung hanya beberapa detik saja. Fungsi esophagus adalah menggerakkan makanan dari faring kelambung melalui gerakan peristaltic.




d)     Lambung
            Lambung atau perut besar ( kantung nasi) adalah bagian dari saluran pencernaan yang dapat mekar, terletak di dalam ronga perut agak kesebelah kiri atau di bawah diafragma, di depan pancreas sedangkan limfe menempel disebelah kiri fundus.kapasitas normal lambung adalah 1-2 liter. Didalam lambung makanan dicerna secara kimiawi. Enzim-enzim pencernaan yang terdapat di dalam lambung yaitu :
enzim
sumber
substrat
Hasil
Amylase
Kelenjar saliva
Pati
Maltose (suatu disakarida dan polimer karbohidrat yang lebih kecil)
Pepsin
Lambung
Lipase
Chief cell
lambung
Protein
lemak
Proteosa , pepton, asam lemak gliserida
Tripsin

Kimotripsin

karboksipeptisade


Eksokrin
Denaturasi protein dan polipeptida
Protein dan polipeptida

Polipeptida kecil

Polipeptida kecil




Fungsi lambung :
·         Menampung makanan
Kapasitas lambung normal memungkinkan adanya interval waktu yang panjang antara saat makan dan kemampuan menyimpan makanan dalam jumlah besar sampai makanan ini dapat terakomodasi di bagian bawah saluran.
·         Produksi kimus
·         Digesti protein
·         Produksi muscus
·         Produksi faktor intrinsik
Glikoprotein yang disekresikan sel parietal dan vitamin B12 yang didapat dari makanan yang dicerna lambung yang terikat pada faktor intrinsik. Komplek faktor intrinsik vitamin B12 di bawa ke ileum usus halus untuk di absorpsi.
·         Absorpsi
Beberapa zat yang di absorpsi antara lain adalah beberapa obat yang larut lemak (aspirin)  dan alkohol. Di absorpsi pada dinding lambung serta zat yang larut dalam air terabsorpsi dalam jumlah yang tidak jelas.

e)      Usus halus
            Usus halus adalah saluran pencernaan diantara lambung dan usus besar, yang merupakan tuba terlilit yang merentang dari sfingter pylorus sampai katub ileosekal, tempat menyatu dengan usus besar. Susunan usus halus adalah sebagai berikut:

·         Duodenum
Duodenum merupakan bagian yang terpendek dari usus halus. Organ ini disebut
juga usus 12 jari panjangnya sekitar 25-30 cm. Pada usus ini bermuara dua saluran yaitu saluran getah pancreas dan saluran empedu
·         Jejenum
Jejenum adalah bagiaan lanjutan dari duodenum yang panjangnya kurang lebih 1-1,5m. Pada bagian inilah pencernaan diselesaikan, pada usus ini pula terjadi pencernaan kimiawi.
·         Illeum
Illeum membentang sampai menyatu dengan usus besar dengan panjang 2-2,5 m.

Fungsi usus halus adalah sebagai berikut:
·         Menerima zat-zat makanan yang sudah dicerna untuk diserap melalui kapiler-kepiler darah dan saluran-saluran limfe dengan proses sebagai berikut :
1.      Menyerap protein dalam bentuk asam amino
2.      Karbohidrat diserap dalam bentuk monosakarida
·         Mengabsorpsi produk digesti dan juga air, garam dan vitamin.

f)       Usus besar
            Usus besar merupakan bagian akhir dari proses pencernaan, karena sebagai tempat pembuangan,maka di usus besar sebagian nesar nutrient telah dicerna dan di absorbs dan hanya menyisakan zat-zat yang  tidak dicera. 1-6 jam di lambung, 4-8 jam di usus halus dan sisanya berada di usus besar

Fungsi usus besar adalah:
·         Menyerap air dan elektrolit 80 % sampai 90% dari makanan.
·         Tempat tinggal sejumlah bakteri Coli, yang mampu mencerna sejumlah kecil selulosa dan memproduksi sedikit kalori nutrient bagi tubuh dalam setiap hari.
·         Memproduksi vitamin antara lain vitamin K, ribovlafin dan tiamin serta berbagai gas.
·         Penyiapan selulosa yang berupa hidrat arang dalam tumbuh-tumbuhan, buah-buahan dan sayuran hijau.


 
g)                 Rektum dan anus
            Akhir dari saluran pencernaan sepanjang 20 cm disebut rectum atau pelepasan. Rectum merupakan lanjutan dari usus besar. sedangkan anus merupakan bagian yang berhubungan dengan dunia luar yang terletak di dasar pelvis.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar